You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tiga Persen Pengguna KJP Masih Menyimpang
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Tiga Persen Pengguna KJP Masih Menyimpang

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, masih ada tiga persen pengguna Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang melakukan penyimpangan. Hal itu diketahui setelah diterapkannya kebijakan non tunai untuk dana KJP. Sementara, sebanyak 97 persen lainnya sudah menggunakan sesuai dengan ketentuan.

Ada 3 persen orang seperti itu (menyimpang). Ini sistem lebih baik dari sistem dulu

"Ada 3 persen orang seperti itu (menyimpang). Ini sistem lebih baik dari sistem dulu. Kalau dulu tarik kontan bapak emaknya ke ATM. Kan bisa lihat dari CCTV. Sekarang mau kami ubah lagi. Sekarang mau lebih adil lagi sistemnya," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/12).

Kendati demikian, kata Basuki, pihaknya akan terus memperbaiki sistem agar KJP tidak ada lagi penyimpangan dan tepat sasaran. Pihaknya tidak dapat mengentikan pemberikan KJP kepada warga, karena sebagian besar benar-benar membutuhkan.

Penyimpangan KJP Diselidiki

"Tapi masa kami menghadapi 3 persen orang seperti itu jadi setop KJP, itu nggak bisa," ucap Basuki.

Basuki mencatat, sebanyak 40 persen anak usia sekolah di Ibukota putus sekolah. Mereka rata-rata berusia 12-15 tahun. Diharapkan, dengan adanya pemberian KJP ini bisa menekan angka anak putus sekolah.

"Jakarta ini mengerikan, anak usia 12 sampai 15 tahun putus sekolah. Kalau kamu lihat ada 57 geng anak yang nggak sekolah yang berantem, yang terlibat narkoba," kata Basuki.

Selain pemberian KJP, Pemprov DKI Jakarta juga terus menyediakan hunian murah bagi warga Ibukota. Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta terus membangun rumah susun (rusun) yang diperuntukan bagi warga bantaran sungai.

"Nah, ini mesti kami atasi juga. Kami bangun rusun yang baik, kekumuhan diberesin, mereka disekolahkan. Ini semua butuh waktu karena sosial nggak gampang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1477 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1343 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1080 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1031 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye995 personDessy Suciati